Sistem Pengambilan Keputusan

Source Code Aplikasi SPK Metode AHP C Sharp (C#)

Source Code SPK Metode AHP C Sharp – dalam Sistem pendukung keputusan biasanya dapat digunakan sebagai alat bantu bagi para petinggi maupun pengambil keputusan untuk memperluas kapabilitas para pengambil keputusan, namun tidak untuk menggantikan penilaian para pengambil keputusan. SPK bertujuan untuk keputusan yang memerlukan penilaian atau untuk keputusan-keputusan yang sama sekali tidak dapat support oleh algoritma. SPK meluas dengan cepat, dari sekedar alat pendukung personal menjadi komoditas yang-dipakai bersama. Proses pengambilan keputusan terdiri dari beberapa langkah, yaitu : (a) Penelusuran (Intelligence), (b) Perancangan (Design), (c) Pemilihan (Choice), dan (d) Implementasi (Implementation).

Metode AHP C Sharp dan Metode AHP adalah salah satu metode yang dapat untuk memfungsikan atau merepresentasikan dalam sistem pengambilan keputusan dengan memperhatikan faktor-faktor persepsi, preferensi, pengalaman dan intuisi serta Pada prinsip dasarnya, dengan metode AHP memecah-mecah suatu situasi yang atau yang tidak terstrukur ke dalam bagian-bagian dari komponennya Kemudian dengan menyusun ulang bagian atau nilai kuantitas ini dalam sebuah susunan yang hirarki atau urutan tingkat dan memberikan nilai numerik pada pertimbangan subjektif tentang relatif pentingnya setiap variabel. Setelah itu mensintesis berbagai pertimbangan ini untuk menetapkan variabel mana yang memiliki prioritas paling tinggi dan bertindak untuk mempengaruhi hasil pada situasi tersebut.

 kenapa metode AHP karena dalam metode ini suatu prioritas tersusun dari berbagai pilihan yang dapat berupa kriteria yang sebelumnya telah struktur terlebih dahulu, sehingga penetapan prioritas berdasarkan pada suatu proses yang terstruktur (hirarki) dan masuk akal.

Komponen dari Aplikasi Metode AHP C Sharp :

  • Login, untuk membatasi user yang bisa mengelola aplikasi.
  • Halaman Utama,  untuk halaman selamat datang setelah user berhasil login yang berisi menu-menu untuk mengelola aplikasi.
  • Kriteria, untuk mengolah data kriteria, bisa untuk menambah, ubah, hapus dan cetak.
  • Nilai Bobot Kriteria, untuk mengatur nilai perbandingan antar kriteria.
  • Alternatif, untuk mengolah data alternatif, bisa untuk tambah, ubah, hapus dan cetak.
  • Nilai Bobot Alternatif, untuk mengatur nilai perbandingan antar alternatif pada masing-masing kriteria.
  • Perhitungan, untuk memproses perhitungan AHP berdasarkan bobot-bobot yang sudah kita inputkan.
  • Laporan Kriteria, Alternatif, dan Hasil Perhitungan

Ahzafani media Menyediakan berbagai jenis Source code Di Tokopedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *