Sistem Pakar

Source Code Sistem Pakar Metode CBR dengan PHP dan MySQL

Source Code Sistem Pakar Metode CBR dengan PHP dan MySQL. Metode case based reasoning adalah salah satu metode untuk membangun sistem pakar dengan pengambilan keputusan dari kasus yang baru dengan berdasarkan solusi dari kasus sebelumnya. Konsep dari metode case based reasoning merupakan penemuan dari ide untuk menggunakan pengalaman yang terdokumentasi untuk menyelesaikan masalah yang baru. Para decisionmaker kebanyakan menggunakan pengalaman dari problem solving terdahulu untuk menyelesaikan masalah

CBR menggunakan pendekatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) yang menitikberatkan pemecahan masalah dengan didasarkan pada knowledege dari kasus- kasus sebelumnya. Apabila ada kasus baru maka akan disimpan pada basispengetahuan sehingga sistem akan melakukan learning dan knowledge yang dimiliki oleh sistem akan bertambah. Secara umum, metode ini terdiri dari 4 langkah, yaitu:

  1. Retrieve (memperoleh kembali) kasus atau kasus-kasus yang paling mirip. Task ini akan memulai dengan pendeskripsian satu/sebagian masalah dan berakhir jika telah menemukan kasus sebelumnya yang paling cocok. Sub tasknya mengacu pada identifikasi fitur, pencocokan awal, pencarian, dan pemilihan.
  2. Reuse (menggunakan) informasi dan pengetahuan dari kasus tersebut untuk memecahkan permasalahan. Dalam proses Reuse, sistem akan melakukan pencarian masalah terdahulu pada database melalui identifikasi masalah baru. Kemudian menggunakan kembali informasi
    permasalahan terdahulu tersebut yang memiliki kesamaan untuk menyelesaikan permasalahan yang baru.
  3. Revise (meninjau kembali/memperbaiki) usulan solusi. Pada proses ini, informasi akan_dievaluasi kembali untuk mengatasi masalah yang terjadi pada permasalahan baru. Kemudian sistem akan mengeluarkan solusi masalah baru.
  4. Retain (menyimpan) bagian-bagian dari pengalaman tersebut yang mungkin berguna untuk memecahkan masalah di masa yang akandatang.

Komponen Source Code Sistem Pakar Metode CBR

Adapun komponen source code antara lain:

  • Login, membatasi user yang bisa menggunakan aplikasi.
  • Data Penyakit, mengolah data penyakit yang bisa untuk menambah, ubah, dan hapus.
  • Data Gejala, mengolah data gejala yang bisa untuk menambah, ubah, dan hapus.
  • Data Pengetahuan, mengolah data pengetahuan yang bisa untuk menambah, ubah, dan hapus.
  • Perhitungan, melakukan proses perhitungan algoritma, yang hasilnya dapatdicetak langsung.
  • Ubah Password, mengubah password yang hanya bisa berlaku hanya oleh user dan login, dengan memasukkan password lama dan password baru.

[harga]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *