Data Mining

Source Code Clustering Fuzzy C Means PHP

Source Code Data Mining Clustering Fuzzy C Means PHP adalah suatu istilah yang tergunakan untuk menguraikan penemuan atau pengetahuan yang terdapat dalam database. Data mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan dan machine learning untuk mengekstraksi mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terikat dari berbagai database besar menurut (Turban dkk, 2005 oleh Kusrini dkk, 2009).

Teknik Fuzzy C Means diperkenalkan pertama kali oleh Jim Bezdek pada tahun 1981. Konsep dasar fuzzy c means, pertama kali adalah menentukan pusat cluster yang akan menandai lokasi rata-rata untuk tiap-tiap cluster. Sesuai dengan namanya fuzzy yang berarti samar. Batas-batas klaster dalam k means adalah tegas (hard) sedangkan dalam fuzzy c means adalah soft.

Komponen Source Code Clustering Fuzzy C Means PHP

Aplikasi ini tersusun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Design menggunakan bootstrap dan tema cyborg dari bootswatch.com. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain:

  • Login, membatasi user yang bisa menggunakan aplikasi. Jika user login maka bisa mengolah data, oleh karena itu jika belum login maka user hanya bisa melakukan perhitungan saja.
  • Kriteria, mengolah data kriteria apa saja untuk pengelompokan yang bisa tambah, ubah, hapus.
  • Alternatif, mengolah data alternatif/sesuatu yang akan nanti untuk clustering.
  • Nilai Alternatif, mengatur nilai alternatif untuk setiap kriteria. oleh karena itu ketika menambah alternatif atau kriteria baru, nilai otomatis terisi 0, user bisa mengubahnya.
  • Perhitungan, melakukan proses clustering dengan metode fuzzy c means. oleh karena itu User perlu menginputkan jumlah cluster, maksimum iterasi, pembobot, dan epsilon. Jika inputan sudah sesuai dan berhasil terproses, akan menampilkan kelompok masing-masing alternatif dan grafik total anggota setiap cluster.

[harga]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *